Rabu, 30 Mei 2012

Silsilah Kerajaan Minangkabau


Niniak Urang Minang Anak Puti Bidodari dari Sarugo (sebuah Mitos ?)
Adopun warih nan bajawek pusako nan batarimo umanaik nan bapakai dari rang tuo dahulunyo, nan sabarih bapantang hilang satapak bapantang lupo, kok hilang nan sabarih ka guru cubo tanyokan kok lupo nan satapak cari tunggue panabangan nyo. Adopun warih nan Bajawek, pituah dek guru mangaji sajak dari Alif, pituah dek mamak babilang sajak dari aso, nan aso Allah duo bumi tigo hari nan satu ampek aie sumbayang limo pintu razaki anam budak dikanduang bundonyo tujuah pangkek manusia salapan pangkek sarugo sambilan pangkek Muhammaik kasapuluah Muhammaik jadi, sinan bakato tuhan kito Kun katonyo Allah Fayakun kato Muhammaik Nabikun kato Jibraie yaa Ibrahi kato bumi jo langik Kibrakum kato Adam, jadi sagalo pekerjaan, apo bana nan tajadi, sajak dari Luah dengan Qalam sampai ka Arasy jo Kurisyi bago sarugo jo narako inggo nak bulan jo matohari walau ndak langik dengan bumi samuik sameto sakalipun takanduang dalam wahdaniah tuhan, adolah limo parakaro, maanyo nan limo parkaro, tanah baki, tanah baku, tanah hitam tanah merah jo tanah putiah, tanah ditampo dek Jibraie dibaok mangirok kahadiraik tuhan ta-anta ka-ateh meja, disinan bijo mangko kababatang sinannyo kapeh kamanjadi banang disitu langik kamarenjeang naiak disitu bumi kamahantam turun disinan ketek mangko kabanamo disinan gadang mangko kabagala disinan Adam nan batamponyo iyo kapanunggu isi duya.
Dek lamo bakalamoan dek asa ba-asa juo dek bukik tumbuakan kabuik dek lauik ampang muaro abih taun baganti taun mangko malahiekanlah ibu manusia Siti Hawa sabanyak 39 urang, mako dikawinkan dari surang ka nan surang nan bunsu indak bajodoh mangko banazalah nabi Adam katiko itu Ya Allah ya rabbil alamin perkenankanlah aku dengan anak cucu aku kasadonyo, kandak sadang kabuliah pintak sadang kabalaku mukasuik sadang lai disampaikan tuhan, bafirman tuhan ka Jibraie, hai malaikaik jibraie mangirok engkau kasarugo nan salapan, kaba-kan ka anak puti bidodari nan banamo Puti Dewanghari anak Puti Andarasan bahaso inyo kadiambiak dek Sutan Rajo Alam diateh duya, mako mangiriok lah Jibraie ka-sarugo nan salapan mangaba-kan ka Puti Dewanghari bahaso inyo ka dipasangkan jo Sutan Rajo Alam diateh duya, mako mamandanglah Puti Dewanghari ka-ateh duya nampaklah anak Adam diateh alam Sigumawang antaro huwa dengan hiya dikanduang Abun jo Makbun wallahualam gadangnyo hati, mako dikumpuekanlah alat peragaik kasadonyo, iyolah payuang panji kuniang payuang bahapik timba baliak langkok sarato jo marawa kuniang cando kajajakan bertatah intan dangan podi buatan urang disarugo, mako ba-tamu lah mereka dipuncak bukit Qaf lalu dinikahkan dek kali Rambun Azali dipangka Titian Tujuah dibawah Mejan nan kiramaik, mako dibaka kumayan putiah asok manjulang ka-udaro takajuik sakalian malaikaik tacengang sagalo Bidodari manyemba kilek ateh langik bagaga patuih diateh duya tarang bandarang cahayonyo lapeh ka-langik nan katujuah tahantak kahadirat tuhan sabagai sasi pernikahan
Dek lamo bakalamoan abih hari baganti bulan abih bulan baganti taun, salah saurang anak cucu baliau nan bagala Sutan Sikandarareni (Alexander the Great / Iskandar Zulkarnain) manjadi rajo kuaso sadaulat dunia mampunyoi katurunan nan partamo Sutan Maharajo Alif kaduo Sutan Maharajo Depang katigo Sutan Maharajo Dirajo, Sutan Maha Rajo Alif mamarentah Banuruhum, Sutan Maharajo Depang mamarentah dinagari Cino sadangkan Sutan Maharajo Dirajo lapeh kapulau Paco mamarentah di Pariangan Padang Panjang dikaki gunuang Marapi dinagari nan alun banamo Minangkabau
Pajalanan Sutan Maharajo Dirajo
Adopun Sutan Sikandareni rajo alam nan arih bijaksano, mancaliak anak lah mulai gadang lah masak alemu jo pangaja, timbua niaik dalam hati nak manyuruah anak pai marantau mancari alimu jo pangalaman, mako tapikialah maso itu jo apo anak nak kadilapeh balayia dilauik basa, tabayanglah sabatang kayu gadang nan tumbuah dihulu Batang Masia (Egipt) banamo kayu Sajatalobi, daun rimbun rantiangnyo banyak batang panjang luruih pulo, tabik pangana andak manabangnyo kadibuek pincalang (parahu) tigo buah untuak palapeh anak marantau, mako dikumpuakanlah sagalo cadiak pandai ditanah Arab dibaok kapak jo baliuang panabang kayu nantun, lah banyak urang nan manabang lah tujuah puluh  tujuah baliuang sumbiang lah tigo puluah tigo pulo kapak nan patah namun  batang kayu gadang nantun indak kunjuang rabah, apolah sabab karanonyo, dek rukun saraik alun tabaok, mako datanglah urang cadiak pandai mambari pitunjuak jo pangaja, mako dikumpuakanlah urang banyak, didabiah kibasy sarato unto dibaka kumayan putiah asok manjulang ka-udaro, urang mandoa kasadonyo, mamintaklah Sutan Sikandareni, Yaa Allah yaa rabbil ‘alamin perkenankanlah aku manabang kayu Sajatalobi untuak paharuang lauik basa
Kandak sadang ka-buliah pintak lai ka-balaku, baguncanglah hulu Batang Masie gampo nagari tujuah hari tujuah malam sahinggo banyak batang kayu nan rabah tamasuak batang Sajatalobi, dek urang nan ba-ilimu di-ambiak daun jo batangnyo, daun diramu manjadi dawaik kulik disamak kajadi karateh kapanulih Qalam Illahi untuak mangaji dek umaik nan banyak, kulik batangnyo dipabuek manjadi kain untuak ba-ibadaik kapado Allah.
“Kok mandanyuk di-ampu kaki manyetak di ubun ubun, mato hijau angok lapeh duya bapindah ka akirat, sakik kito dalam kubua sangketo sampai ka Padang Masha, angek cahayo tiang Arasy lapuak baserak dinarako” Tapi kok lai kito sumbayang, Quraan jo hadis jadi pidoman, suruah bakarajoan tagah ba-hantian, sapanjang kaba guru2 kito, mako elok masuak punco ka hulunyo, bilangan duya kok nyo sampai, janji akhiraik kok nyo tibo, pasan nagari kok nyo datang, janji dahulu batapati, duya papindah ka akirat, sananglah awak dalam kubua lapeh katangah Padang Masha, lindok cahayo tiang arasy pulanglah kito kasarugo, mancaliak junjuangan basandiang jo Khadijah dalam sarugo Jannatun nain”
Rabahlah kayu Sajatalobi, batangnyo dikarek tigo kapambuek pincalang tigo buah, ciek pincalang Sutan Maharajo Alif, ciek pulo Sutan Maharajo Depang nan ciek lai untuak Sutan Maharajo Dirajo, hari patang malam pun tibo dipanggie anak kasadonyo, dibari pitujuak jo pangaja kaganti baka pai marantau.
Satantangan Sutan Majo Alif manarimo baka Mangkuto Ameh, Sutan Maharajo Depang mandapek baka pakakeh tukang, Sutan Maharajo Dirajo mandapek kitab barisi undang.
Ayam bakukuak subuah pun tibo hari pagi matohari tabik, barangkeklah anak katigonyo, adopun tantang Sutan Maharajo Alif tambonyo ditutuik alun ka-babukak kini, Sutan Maharajo Depang kisah abih hinggo disiko, Sutan Maharajo Dirajo taruih balaie kapulau Paco, ba-kawan Shekh Shole nan bagala Cateri Bilang Pandai, urang nan cadiak bijak arih candokio anak rang dusun hulu sungai Masia, dipajalanan batambah kawan nan sorang bagala Harimau Campo, nan sorang lai bagala Kambiang Hutan, nan katigo bagala Kuciang Siam nan sorang lai Parewa nan bagala Anjiang Mualim
Adopun Cateri Bilang Pandai urang nan pandai manarah manalakang mahia manjarum manjarumek bisa mamati jo aie liua pandai basikek dalam aie santiang mamanah dalam kalam, kalam kapiek gilo buto, basilang sajo anak panahnyo, lah kanai sajo disasarannyo, pandai mambuek sambang loji nan bapasak dari dalam, alun diraiah lah tabukak lah tibo sajo dijangkonyo
Baitu pulo si Harimau Campo, urang bagak dari India, badan babulu kasadonyo, urang takuik ka-malawan, makan tangan bak cando guruah, capek kaki bak patuih, tibo digunuang gunuang runtuah tibo dibatu batu pacah, pandai manyambuik jo manangkok santiang mangipeh jo malapeh pandai basilek jo balabek, kok malompek bak cando kilek
Kok disabuik pulo si Kambiang Utan, bak batanduak dikapalo, kancang balari dalam rimbo tantu di-padang nan baliku tantu di-tanjuang nan babalik, paham di-lurah nan babatu paham jo aka nan ka-malilik, kok babanak ka-ampu kaki, barajo di-hati ba-sutan di mato kareh hati Allahurabi, kok pakaro etong di balakang
Dikaji pulo tantang si Kuciang Siam, kok manyuruak dihilalang sahalai, ma-ambiak indak kahilangan, bantuak bak cando singo lalok, santiang manipu jo manepong, kok malangkah indak balasia, malompek indak babunyi, kunun lidahnyo indak baense, muluik manih bak tangguli kok manggauik indak mangasan, lah padiah sajo mangko ka tau
Baitu pulo tantang si Anjiang Mualim, Parewa nan datang dari Himalaya, mato sirah bak cando sago, gigi tajam babiso pulo, angoknyo tahan larinyo kancang pandai maintai di nan tarang pandai mahangok dalam bancah, sabalun sampai pantang manyarah, pandai manikam jajak tingga, jajak ditikam mati juo, bahiduang tajam bak sambilu, bia kampuang lah papaga, inyo lah dulu sampai didalam.
Catatan:
* Mangkuto Ameh Sijatajati yang berbentuk tanduk diabadikan masyarakat menjadi tudung kepala kaum Bundo Kanduang di ranah Minang.
* Sutan Sikandar Reni dalam al Qur’an disebut Raja Iskandar Zulkarnain yang artinya Raja yang mempunyai dua tanduk atau Alexander The Great King of Macedonia
* Kalau bangsa Jepang bangga dengan mitos bahwa Kaisarnya berasal dari Dewa Matahari dan Cina bangga bahwa Kaisar mereka berasal dari Naga Sakti dari Kayangan, kenapa urang ‘awak tidak boleh bangga bahwa kalau rajanya berasal dari Anak Puti Bidodari dari Sarugo? Wallahualam antah iyo antah tidak, namanya juga mitos, ya kaaaaaan?

Tokoh Ilmuwan Penemu: Diplomat Ulung Pahlawan Indonesia

Tokoh Ilmuwan Penemu: Diplomat Ulung Pahlawan Indonesia: Mr. Mohamad Roem (lahir di Parakan, Temanggung, 16 Mei 1908 – meninggal di Jakarta, 24 September 1983 pada umur 75 tahun) adalah seorang dip...

Tokoh Ilmuwan Penemu: Pendiri Organisasi Budi Utomo

Tokoh Ilmuwan Penemu: Pendiri Organisasi Budi Utomo: Wahidin Sudirohusodo Wahidin Sudirohusodo (1852-1917) merupakan Penggagas Budi Utomo. Kendati ia tidak termasuk pendiri Budi Utomo (20 Mei...

Tokoh Ilmuwan Penemu: Tokoh Pahlawan Pergerakan Nasional

Tokoh Ilmuwan Penemu: Tokoh Pahlawan Pergerakan Nasional: Kiai Haji Samanhudi Kiai Haji Samanhudi nama kecilnya ialah Sudarno Nadi.(Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, 1868 – Klaten, Jawa Tengah 28 ...

Tokoh Ilmuwan Penemu: Tokoh Pahlawan Tan Malaka

Tokoh Ilmuwan Penemu: Tokoh Pahlawan Tan Malaka: Tan Malaka atau Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka (lahir di Nagari Pandan Gadang, Suliki, Sumatera Barat, 19 Februari 1896 – meninggal di Desa ...

Opu Daeng Risaju

 
“Kalau hanya karena adanya darah bangsawan mengalir dalam tubuhku sehingga saya harus meninggalkan partaiku dan berhenti melakukan gerakanku, irislah dadaku dan keluarkanlah darah bangsawan itu dari dalam tubuhku, supaya datu dan hadat tidak terhina kalau saya diperlakukan tidak sepantasnya.” (Opu Daeng Risaju,Ketua PSII Palopo 1930)

Itulah penggalan kalimat yang diucapkan Opu Daeng Risaju,seorang tokoh pejuang perempuan yang menjadi pelopor gerakan Partai Sarikat Islam yang menentang kolonialisme Belanda waktu itu,ketika Datu Luwu Andi Kambo membujuknya dengan berkata “Sebenarnya tidak ada kepentingan kami mencampuri urusanmu, selain karena dalam tubuhmu mengalir darah “kedatuan,” sehingga kalau engkau diperlakukan tidak sesuai dengan martabat kebangsawananmu, kami dan para anggota Dewan Hadat pun turut terhina. Karena itu, kasihanilah kami, tinggalkanlah partaimu itu!”(Mustari Busra,hal 133).Namun Opu Daeng Risaju,rela menanggalkan gelar kebangsawanannya serta harus dijebloskan kedalam penjara selama 3 bulan oleh Belanda dan harus bercerai dengan suaminya yang tidak bisa menerima aktivitasnya.Semangat perlawanannya untuk melihat rakyatnya keluar dari cengkraman penjajahan membuat dia rela mengorbankan dirinya.
Perempuan fenomenal ini,memiliki nama kecil Famajjah.Ia dilahirkan di Palopo pada tahun 1880,ia hasil perkawinan antara antara Opu Daeng Mawelu dengan Muhammad Abdullah To Bareseng.Opu Daeng Mawelu adalah anak dari Opu Daeng Mallongi,sedangkan Opu Daeng Mallogi adalah anak dari Petta Puji.Petta Puji adalah anak dari La Makkasau Petta I Kera,sedangkan La Makkasau Petta I Kera adalah anak Raja Bone ke 22 La Temmasonge Matinroe Ri Mallimongeng (memerintah tahun 1749-1775) dari hasil perkawinannya dengan Bau Habibah puteri Syek Yusuf Tuanta Salamaka ri Gowa.La Temmassonge Matinroe Ri Mallimongeng adalah putera Raja Bone ke 16 La Patau Matanna Tikka (memerintah antara tahun 1696-1714) dari hasil perkawinannya dengan We Ummu Datu Larompong puteri Datu Luwu Matinroe Ri Tompo Tikka.dari silsilah keturunan Opu Daeng Risaju tersebut, maka dapat dikatakan bahwa ia berasal dari keturunan raja-raja Tellumpoccoe Maraja,yaitu:Gowa,Bone dan Luwu.(Muh.Arfah & Muh.Amir:Biografi Pahlawan:Opu daeng Risaju,hal 39).
Fammajah adalah seorang gadis hitam manis yang lincah dan berwajah serius,Ia banyak mengisi masa kecilnya dengan menamatkan Al-Quran,mempelajari fiqih dari buku yang ditulis tangan sendiri oleh Khatib Sulaiman Datuk Patimang,atas bimbingan seorang ulama dan beberapa orang guru agama.Selain itu ia mempelajari nahwu,syara dan balaqhah,yang merupakan dasar bagi pengkajian ilmu-ilmu agama yang lebih tinggi.Pengetahuan tentang baca tulis huruf Latin berkat ketekunannya sendiri.Lain halnya dengan tokoh-tokoh pelopor wanita lainnya sperti Raden Ajeng Kartini, Dewi Sartika,Maria Walanda Maramis,Rasuna Said dan lain-lain setidaknya mempunyai pendidikan formal tingkat menengah.Opu Daeng Risaju tidak pernah diasuh dibangku sekolah atau belajar secara formal dari pendidikan buatan Hindia Belanda.


***
Pertemuannya dengan Haji Agus Salim ketika beliau datang berkunjung ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan dalam rangka konferensi Partai Sarekat Islam di Pare-pare,membekas dalam ingatan Opu Daeng Risaju.Kesamaan cita-cita untuk meningkatkan kesejahteraan bumiputera dan melepaskan dari cengkraman penjajah Belanda yang dijelaskan oleh Haji Agus Salim sebagai tujuan pendirian Partai Sarikat Islam,membuat Opu Daeng Risaju semakin bersemangat untuk berjuang.
Setelah berhasil mempropagandakan PSII kepada keluarga, sahabat dan masyarakat di Palopo, Opu Daeng Risaju bersama Achmad Tjambang, Beddu, Tjukkuru Daeng Manompo, Daeng Malewa, Ambo Rasia, Ambo Baso, Imam Buntu Siapa, Parakkasi, Sigoni, dan Mudhan, mempermaklumatkan berdirinya PSII Cabang Palopo dalam suatu rapat umum. Opu Daeng Risaju sendiri bertindak sebagai ketua, dibantu sekretaris Achmad Cambang dan bendahara Mudhan.
Permakluman berdirinya PSII ini tentu saja menggelisahkan para pejabat Belanda dan pembesar-pembesar kerajaan, termasuk raja Luwu sendiri. Mereka khawatir karena PSII ketika itu telah mengambil kebijaksanan yang bersifat noncooperatif dengan pemerintah, Dan, apa yang mereka khawatirkan itu memang terbukti dikemudian hari. Opu Daeng Risaju bersama dengan teman-temannya menempuh pula kebijaksanaan noncooperatif dengan penguasa Belanda dan bahkan dengan penguasa kerajaan. Sikap noncooperatifnya inilah yang pada akhirnya menjebloskannya ke dalam penjara Belanda. 
Tak lama sesudah diresmikan berdirinya, PSII berkembang dengan pesat dan berhasil membuka ranting di beberapa daerah dalam wilayah kerajaan Luwu. Salah satu rantingnya adalah Malangke. Pada akhir tahun 1930, pengurus dan anggota PSII Ranting Malangke mengundang Opu Daeng Risaju untuk berbicara dalam suatu rapat umum. Pembicaraan Opu Daeng Risaju dalam kesempatan itu dinilai oleh kepala Distrik Malangke sebagai suatu pidato propokatif yang menghasut rakyat untuk tidak taat kepada pemerintah. Kepala distrik Malangke segera melaporkan hal itu kepada kontroleur di Masamba. Atas laporan tersebut dikerahkanlah polisi untuk menangkapnya dan membawanya ke Palopo untuk diperhadapkan ke pengadilan. Tetapi, sebelum diadili ¾ atas dasar pertimbangan kemanusian karena dia perempuan dan seorang bangsawan tinggi ¾ Assisiten Resident Luwu meminta dulu kepada Datu Luwu Andi Kambo, agar membujuknya supaya meninggalkan partainya dan menghentikan kegiatan politiknya. Kalau bersedia maka dia akan dibebaskan dari segala tuntutan.Namun ia menolaknya,itulah yang menyebabkan dia harus dijebloskan dalam penjara Belanda.
Opu Daeng Risaju adalah seorang perempuan Bugis yang meletakkan makna konsistensi perjuangan dalam dirinya.Opu Daeng Risaju adalah seorang social agency (agen perubahan social), menurut Lyod (1999:93-95),dalam satu masyarakat selalu terdapat apa yang disebut sebagai social agency,yakni ”individu” atau ”kelompok” otonomis yang berada dan menjadi bagian masyarakat tetapi mempunyai power,authority, dan kharisma untuk bertindak sebagai ”aktor” yang mengatur dan mengendalikan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.Besar kecilnya authority yang dimilikinya,tergantung pada kemampuan masing-masing.Besar kecilnya power yang mereka miliki tergantung pada kedudukannya dalam struktur sosial, baik formal maupun non formal.Adapun kharisma yang dimiliki social agency tentu biasanya bersifat irasional, namun selalu juga terkait dengan authority dan power.Makin tinggi posisi dan kedudukan seseorang dalam struktur, makin tinggi pula authority, power, dan kharismanya.
Opu Daeng Risaju adalah potret nyata eksistensi perempuan Sulawesi Selatan dalam menggerakkan realitas sosial masyarakatnya justru ketika bangsa ini masih berada dalam cengkraman penjajahan Belanda.Ia begitu teguh dengan keyakinannya seolah mengingatkan kita pada pada Joan D Ard,perempuan Prancis yang memimpin peperangan dalam melawan Inggris pada abad pertengahan.Opu Daeng Risaju adalah potret nilai konsistensi manusia dalam memperjuangan rakyat yang masih memiliki relevansi dengan kondisi kekinian.Juga refleksi bagi tokoh-tokoh agama hari ini untuk lebih memposisikan diri dibarisan terdepan dalam membela kepentingan ummat agar bebas dari pembodohan,kemiskinan,dan kezaliman.

Kronologis:
1880 : Lahir di Palopo
1912 : Berdirinya Sarekat Islam di Solo
1913 : Berdirinya Sarekat Islam di Makassar
1913 : Kongres Sarikat Islam Pertama di Surabaya
1914 : Berdirinya Sarikat Islam Cabang Mandar di Pamboang
1921 : Berdirinya Sarikat Islam Cabang Sinjai
1927 : Opu daeng Risaju menjadi anggota SI cabang Pare-Pare
1928 : Berdirinya Sarikat Islam Cabang Barru
1929 : Berdirnya Sarikat Islam Cabang Pambusuang
1929 : Kelompok Pappadang (kelompok padagang Mandar) mendirikan Sarikat Mandar di Padang Sumatera Barat.
1929 : Perubahan nama dari Sarikat Islam ke Partai Sarikat Islam Indonesia (PSII)
1930 : PSII menerima 3 anggota baru dari golongan Adat yang potensial yakni: Andi Abdul Kadir anggota Swapraja Tanete/Barru, Datu Hj.Andi Ninnong anggota Swapraja Wajo dan Opu Daeng Risaju anggota Swapraja Luwu.
1930 : Pendirian Cabang PSII Cabang Luwu,Wajo dan Tanete/Barru
1930: Opu Daeng Risaju menghadiri Kongres PSII di Pare-Pare.Bertemu dengan pengurus Pusat PSII H.Agus Salim dan A.M.Sangaji.
1930: Opu daeng Risaju mendirikan ranting PSII di Malangke sebagai bagian dari Cabang PSII Luwu.
1930: Aktivitas radikal di PSII membuat Belanda menjatuhkan vonis 13 bulan penjara untuk Opu Daeng Risaju.
1930: Penangkapan Opu Daeng Risaju menyulut solidaritas rakyat bahkan membuat PSII semakin bekembang.
1932: Mendirikan Ranting PSII di Malili
1932: Ditangkap bersama suaminya H.Muhammad Daud di distrik Pitumpanua.Selanjutnya mereka dibawa ke Kolaka.Kemudian di bawa lagi Palopo.
1932: Mendapat Sangsi Adat dengan pencoptan gelar kebangsawanan karena tidak menghentikan aktivitas perjuangannya.Dan bercerai dengan suaminya karena suaminya mendapat tekanan kelompok adat dan Belanda waktu itu.
1933: Berangkat ke Jawa mengikuti Kongres Majelis Taklim PSII di Batavia (Jakarta)
1934: Mendapat hukuman penjara 14 bulan
1935: Datu Luwu Andi Kambo Daeng Risompa meninggal dunia dan digantikan Datu Andi Jemma yang lebih pro pada perjuangan Opu Daeng Risaju.
1942: Sulawesi Selatan resmi dikuasai oleh Jepang.Pelarangan semua organisasi sosial maupun politik termasuk PSII oleh rezim Jepang.
1942: Pembunuhan Ahmad Cambbang salah satu tokoh PSII Luwu karena penentangan terhadap kebijakan Jepang.
1945:Kemerdekaan Indonesia dan Jepang menyerah pada sekutu.
1946:Anggota PSII dan kelompok pemuda melakukan perlawanan terhadap NICA atas instruksi dari Opu Daeng Risaju.Mereka menyerang pusat kegiatan NICA di Bajo Palopo Selatan.
1946:Nica melakukan serangan balasan ke Belopa serta memburuh Opu Deang Risaju yang dianggap sebagai penggerak perlawanan rakyat.
1947:Opu Daeng Risaju ditangkap di Bone oleh NICA.dan dihukum 11 bulan penjara.
1949:Opu Daeng Risaju tinggal di Pare-Pare ikut anaknya H.Abdul Kadir Daud
1959:Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia No.227/P.K. tertanggal 26 Februari 1959 memberikan tunjangan penghargaan pada Opu Daeng Risaju dari Palopo sesuai dengan PP No 38 
1964: Opu Daeng Risaju menghembuskan nafas terakhir dan dikuburkan di perkuburan Raja-Raja Lakkoe di Palopo, tanpa ada upacara kehormatan sebagaimana lazimnya seorang pahlawan yang meninggal.

Bangsa Bugis di Afrika Selatan

Ditulis Oleh gita   
Saturday, 26 May 2012
Foto Bagian Luar Makam Syekh Yusuf
Bangsa Bugis di Afrika adalah keturunan Syeh Yusuf, ulama dan pejuang yang berasal dari Sulawesi Selatan yang dibuang pemerintah Belanda ke negara itu pada abad ke-16.

“Syekh Yusuf adalah keturunan Raja Bangsa Bugis yang diasingkan pemerintah Belanda ke Afrika yang kemudian mengajarkan agama Islam sekaligus berjuang membela Afrika dari penindasan penjajah di negara tersebut.
 Lalu, dari hasil perkawinan pengikut Syekh Yusuf inilah berkembang keturunan bangsa Bugis hingga saat ini di Afrika.

Syekh Yusuf

Di puncak bukit Macassar, Cape Town, Afrika Selatan (Afsel), makam Syekh Yusuf yang berkubah warna hijau kerap dikunjungi umat Islam, terutama dari Indonesia. Makam ini jadi titik tolak kisah penyebaran Islam di Afsel hingga sekarang.

Peziarah yang datang memang tidak setiap hari, namun rutin setiap bulan. Mereka umumnya ingin tahu lebih banyak tentang kiprah perjuangan yang dilakukan Syekh Yusuf dalam menyebarkan Islam.
Foto Makam Syekh Yusuf (bagian dalam)

Di komplek makam itu, tak banyak kisah yang bisa diperoleh. Hanya ada satu tonggak monumen yang menjelaskan tentang bagaimana Syekh Yusuf bisa sampai di Cape Town, Afrika Selatan. Namun versi lisan yang lengkap bisa diperoleh dari Adam Philander, imam Masjid Nurul Latief, masjid yang berjarak beberapa meter dari komplek makam Syekh Yusuf.

“Syekh Yusuf dibuang Belanda karena perlawanannya terhadap Belanda sewaktu di Banten. Penyebaran agama yang dilakukannya, tidak lepas dari pemahaman tentang Islam yang diperolehnya dari belajar di banyak tempat.
Pada usia 18 tahun dia meninggalkan Makasar menuju Banten, setelah itu dia ke Aceh, dan seterusnya ke Yaman, dan kemudian ke Madinah dan Mekkah, lalu ke Damaskus, Suriah lalu ke Istanbul, Turki. Setelah 23 tahun belajar seluruh tempat itu, sosok yang dikenal dengan nama lengkap Syekh Yusuf Taj al Khalwaty Al Makassary itu kembali ke Makasar pada tahun 1668 dan pergi ke Banten pada tahun 1671.

Ada catatan yang menyebut dia langsung ke Banten tak singgah ke Makasar. Di Banten, dia menikah dengan salah satu anak Sultan Ageng Tirtayasa. Kemudian anak sultan, yakni Abdul Kahar melakukan perebutan tahta dengan bantuan Belanda. Seterusnya sultan ditangkap dan Yusuf bergerilya di Banten.

Selama masa gerilya itu, dia tetap menyebarkan Islam dan dikenal dengan nama Maulana Yusuf. Namun akhirnya tertangkap. Seterusnya dia beserta pengikutnya dibuang ke Srilanka pada 22 Maret 1684, dalam usia 58 tahun. Di sini dia tetap berdakwah, dan juga menulis beberapa buku.

Belanda kemudian mengasingkannya lagi ke ke tempat yang lebih jauh pada Juli 1693. Dengan menggunakan kapal De Voetboog, Yusuf beserta 49 pengikutnya dibawa ke Zandvliet, yang sekarang bagian dari wilayah Cape Town, Afrika Selatan. Tetapi hanya lima tahun di pengasingan ini, dia wafat pada 23 Mei 1699 dalam usia 73 tahun. Lalu dimakamkan di kawasan yang sekarang disebut Macassar, sekitar 35 kilometer dari pusat kota Cape Town.

Ketika Syekh Yusuf wafat di Cape Town, kabar itu kemudian disampaikan Belanda kepada keluarga Sultan Banten dan Raja Gowa. Kedua kerajaan itu meminta agar jenazahnya dikirimkan dari Afrika Selatan, namun permintaan itu ditolak Belanda. Kemudian pada tahun 1704 Raja Gowa Abdul Jalil kembali meminta Belanda mengirimkan kerangka jenazah ke Gowa, dan kali ini disetujui. Ada catatan yang menyebutkan kerangka jenazah tiba Gowa pada 5 April 1705 dan turut serta juga dalam perjalanan itu keluarganya selama masa pembuangan.

Ihwal jenazah yang dikirimkan ke Gowa itu, masih juga diragukan. Keturunan Indonesia yang berada di Cape Town, tetap yakin jenazahnya masih ada di Cape Town. Komplek makamnya terus dibina, dan tiga Presiden Indonesia juga datang ke sini, yakni Presiden Soeharto, Presiden Megawati Soekarnoputri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Ada beberapa tempat yang diyakini sebagai makam Syekh Yusuf, tapi sesungguhnya makam beliau tetap ada di Afrika.

Terkait dengan makam yang ada di Gowa, bisa jadi Belanda memang mengirimkan jenazahnya ke Sulawesi Selatan. Namun bisa jadi juga yang dikirimkan hanyalah bagian kuku dan rambutnya yang dalam bahasa Bugis disebut PAMANGKEKAKAN.

Semua spekulasi itu masih ada sampai sekarang, termasuk spekulasi yang menyebut keberadaan makam Syekh Yusuf di Srilanka dan Banten. Yang pasti di Macassar, Afrika Selatan, masih ada makamnya yang bisa menjadi jalan untuk terus mempelajari jejak perjuangan Syekh Yusuf yang telah diangkat menjadi pahlwan nasional Indonesia. Semoga jiwa patriotisme beliau dapat menjadi panutan generasi bangsa Indonsia sekarang ini.
 

Sabtu, 26 Mei 2012

Bos Apple Tidak Mau Terima Dividen Rp 700 Miliar


KOMPAS.com - Siapa yang kuasa menolak bonus sebesar 75 juta dollar AS atau sekitar Rp 710 miliar? Mungkin Anda tidak. Namun, tidak demikian dengan CEO Apple, Tim Cook.

Badan Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat atawa Securities and Exchange Commision mengungkapkan, Cook tidak akan mengambil dividen sebesar 75 juta dollar AS yang menjadi haknya. "Atas permintaan Cook, tidak ada saham miliknya yang akan memperoleh dividen," bunyi surat itu.

Sebagai informasi, Apple akan membayarkan dividen kuartalan sebesar 2,65 dollar AS per saham mulai Juli mendatang. Ini pertama kali Apple mengumumkan pembagian dividen sejak 1995.

Ketidaksediaan Cook menerima dividen ini mungkin bisa dipahami. Cook disebut-disebut sebagai CEO dengan gaji terbesar di Amerika Serikat. Pendapatannya mencapai 300 juta dollar AS.

Gaji pokok Cook sebesar 900.000 dollar AS. Bandingkan dengan pendahulunya Steve Jobs yang hanya menerima gaji sebesar 1 dollar AS per tahun.

Berdasarkan harian Wall Street Journal, Cook telah memperoleh uang sebesar 378 juta dollar AS tahun lalu. Uang ini berasal dari bonus dan sejuta saham Apple.

Catatan, awal tahun ini, harga saham Apple telah mencapai puncak pada harga 644 dollar AS per saham. Lonjakan ini membuat Apple sebagai perusahaan paling berharga di seantero dunia. (KONTAN/Edy Chan)

Sumber :
KONTAN

Kamis, 24 Mei 2012

Surya Paloh Terima Kunjungan Tujuh Editor Senior Australia



JAKARTA--MICOM: Ketua Majelis Nasional Partai NasDem Surya Paloh menerima kunjungan tujuh editor senior dari Australia di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Jumat(18/5). 

Ketujuh editor senior tersebut antara lain adalah Ashleigh Gillon, Reporter Senior Sky News Australia TV, Clive Matheison, Editor The Australian Newspaper, dan Michael Stutchbury, Kepala Pemberitaan The Australian Financial Review Newspaper. 

"Selamat datang di kantor kami, senang bertemu dengan Anda sekalian," ujar Surya Paloh sambil menyalami satu persatu editor senior tersebut. 

Kunjungan ketujuh editor senior ini dalam rangka silaturahim dan bertukar pendapat. Dalam pertemuan, Surya Paloh didampingi oleh Jafar Assegaf selaku Advisor Media Grup dan Jeannette Sudjunadi selaku Ketua Badan Rescue Nasional Demokrat. (*/OL-12) 

Panorama


Poster


Biografi Cut Nyak Dien

Cut Nyak Din adalah pahlawan nasional, sang wanita baja dari tanah serambi Mekkah, tokoh pejuang kemerdekaan yang berkiprah sebelum masa kebangkitan nasional. Namanya begitu populer sehingga sutradara Eros Djaroet pernah mengangkat kisah kehidupan (biografinya) dalam layar lebar. Cut Nyak Din lahir di Lampadang Provinsi Aceh tahun 1850 dan wafat dalam pengasingan di Sumedang Jawa Barat 6 November 1908. Cut Nyak Din menikah pada usia 12 tahun dengan Teuku Cik Ibrahim Lamnga. Namun pada suatu pertempuran di Gletarum,Juni 1878, sang suami Teuku Ibrahim gugur. Kemudian Cut Nyak Dien bersumpah hanya akan Menerima pinangan dari laki-laki yang bersedia membantu Untuk menuntut balas kematian Teuku Ibrahim.

Cut Nyak Dien

Rumah Tempat Tinggal Cut Nyak Dien
Cut Nyak Din akhirnya menikah kembali dengan Teuku Umar tahun 1880 juga seorang pejuang Aceh yang sangat disegani Belanda. Sejak menikah dengan Teuku Umar, tekad perjuangan Cut Nyak Din makin besar. Ia berjuang bersama suaminya sejak tahun 1893 hingga Maret 1896. Dalam perjuangannya Teuku Umar berpura-pura bekerjasama dengan Belanda sebagai taktik untuk memperoleh senjata dan perlengkapan perang lainnya. Sementara itu Cut Nyak Din berjuang melawan Belanda di kampung halaman Teuku Umar. Teuku Umar akhirnya kembali lagi bergabung dengan para pejuang Aceh lainnya setelah berhasil mendapatkan peralatan perang dan taktiknya diketahui Belanda. Tanggal 11 Februari 1899 Teuku Umar gugur dalam pertempuran sengit di Meulaboh, namun Cut Nyak Din teus melawan Belanda dengan cara bergerilya. Ia tidak pernah mau berdamai dengan Belanda yang disebutnya ”kafir-kafir”. Perjuangannya yang berat dengan bergerilya keluar masuk hutan membuat kondisi pasukan dan kesehatannya mengkhawatikan. Cut Nyak Dien menderita sakit encok dan matanya menjadi rabun. Merasa kasihan dengan kondisi pimpinannya, para pengawal Cut Nyak Dien akhirnya membuat kesepakatan dengan Belanda bahwa Cut Nyak Dien boleh ditangkap dengan catatan diperlakukan secara terhormat danbukan sebagai penjahat perang. Setelah menjadi tawanan, Cut Nyak Dien masih sering didatangi para simpatisan dan orang-orang syang setia kepadanya. Belanda menjadi curiga sehingga Cut Nyak Dien diasingkan di Sumedang Jawa Barat tanggal 11 Desemeber 1905.

Cut Nyak dien akhirnya wafat di pengasingan. Ia tetap dikenang rakyat Indonesia sebagai pejuang yang berhati baja sekaligus ibu dari rakyat Aceh. Pemerintah RI menganugerahi gelar pahlawan kemerdekaan nasional berdasarkan SK Presiden RI No 106/1964.

Kamis, 03 Mei 2012

INDONESIA BUKAN LAGI NEGARA HUKUM !

Oleh: Adilus
30 September 1965, merupakan hari yang tidak bisa dilupakan oleh siapapun, karena hari itu merupakan satu titik kemunduran drastis di dalam sejarah perjuangan rakyat Indonesia; merupakan satu langkah awal dari Jenderal Suharto dalam usahanya merebut kekuasaan dari tangan Presdiden Soekarno, merupakan langkah awal usahanya membasmi kaum progresif dan komunis dari permukaan bumi Indonesia; dan sekaligus merupakan awal pengchianatan jenderal Soeharto terhadap cita2 pejuang Kemerdekaan RI, yang mencita2kan satu negara berdasarkan hukum dan demokratis. Negara RI telah berubah menjadi satu negara dikatatur jenderal Soeharto, dimana "hukum" dan "kebenaran" berada di pihak penguasa, menjadi satu negara "law of the ruler" demikian kesimpulan tepat Kol. Latief yang secara langsung merasakan tekanan2 dan siksaan2 berat yang tak berprikemanusiaan kekuasaan jenderal Soeharto.
Dengan kata lain bisa juga dikatakan bahwa 30 September 1965 adalah langkah pertama usaha jenderal Soeharto menegakkan singgasana kekuasaannya diatas unggukan mayat jutaan kaum progresif, kaum komunis dan simpatisannya! Jenderal Soeharto yang ketika itu menjabat panglima KOSTRAD, praktis telah memainkan peranan aktif untuk menguasai keadaan. Tindakan2 yang dilakukan jelas2 tidak lagi tunduk pada komando Panglima Tertinggi yang ketika itu secara resmi masih dipegang oleh Bung Karno! Dengan per-lahan2 dan mantap jenderal Soeharto melakukan usaha2nya untuk memaksa Presiden Soekarno menandatangani SUPERSEMAR (Surat Perintah 11 Maret 1966), yang memudahkan baginya untuk bertindak atas nama Presiden tanpa persetujuan Presiden Soekarno. Setelah Supersemar berada ditangan, keesokan harinya, tgl.12 Maret 1966 jenderal Soeharto segera mengeluarkan perintah melarang/membubarkan PKI. Melarang satu partai politik yang dalam sejarah perjuangan melawan penjajah Belanda termasuk partai politik yang berdiri paling depan dan paling tangguh dan setelah merebut kemerdekaan, PKI juga termasuk partai politik yang paling konsekwen membela kepentingan2 rakyat terbanyak, pembela demokrasi; dan tentu saja perintah melarang PKI ini diikuti dengan perintah pengejaran, penangkapan, pembunuhan massal terhadap massa anggaota PKI dan simpatisan2nya, termasuk anak2 yang tidak berdosa dan bayi2 yang masih digendong dalam pangkuan ibunda; Kemudian tanggal 18 Maret 1966, jenderal Soeharto meneruskan langkahnya untuk menangkapi 15 menteri pendukung setia Presiden Soekarno dan akhirnya mengurung Presiden Soekarno dalam tahanan rumah.
Mengapa jenderal Soeharto yang sudah tahu lebih dahulu rencana Gerakan 30 September dari Kol.Latief, tidak mencegahnya? Padahal dia sebagai panglima KOSTRAD mempunyai kemampuan dan kekuatan untuk mencegah terjadinya penahanan 7 Jenderal dari Dewan Jenderal. Dari langkah2 selanjutnya yang diambil jenderal Soeharto, menjadi jelas ada kesengajaan dari jenderal Soeharto untuk mengorbankan 6 jenderal2 (Jenderal Nasution berhasil lolos) yang menjadi sasaran G30S. Jenderal Soeharto sengaja ingin menggunakan perwira2 muda yang melancarkan G30S dibawah Sentral-Komando yang dipimpin Let.Kol. Untung untuk menyingkirkan jenderal2 yang lebih senior dari dirinya. Karena dengan disingkirkannya jenderal2 yang lebih senior dari dirinya berarti terbuka jalan lapang bagi dirinya untuk merebut pucuk pimpinan tertinggi ABRI. Inilah siasat Jenderal Soeharto yang licik dan bermuka dua, disatu pihak se-olah2 berpihak pada perwira2-muda untuk mencegah "Dewan Jenderal" yang berencana meenggulingkan kekuasaan Presiden Soekarno, sehingga semua rencana gerakan melalui Kol.Latief dilaporkan pada Jenderal Soeharto. Tapi begitu setelah 6 jenderal2 atasannya ditangkap dan dibunuh, jenderal Soeharto berbalik menunjukkan wajah sesungguhnya untuk merebut kekuasaan, secara sigap menggempur perwira2-muda. Dan penggempuran tersebut dengan mudah bisa dimenangkan jenderal Soeharto, karena perwira2-muda benar2 tetap setia pada Presiden Soekarno, dengan setia mentaati perintah Panglima Tertinggi Bung Karno untuk menghentikan segala gerakan. Sedang jenderal Soeharto dengan KOSTRAD-nya, tidak lagi mentaati perintah Panglima Tertinggi Bung Karno untuk menghentikan segala tindakan pertumpahan darah, justru melancarkan offensif menggempur perwira2-muda dan segera melakukan pengejaran, penahanan dan pembunuhan massal terhadap perwira2 muda progresif dan kaum komunis.
Demikianlah tindakan2 biadab yang melanggar batas2 prikemanusiaan mulai dilancarkan oleh jenderal Soeharto, dan telah membuat dunia menjadi terkejut! Dimana RI sebagai negeri yang semula dibawah kekuasaan Presiden Soekarno memperkenalkan pada dunia "way of life" dan jiwa toleransi besar berdasarkan 5 prinsip yang dinamakan "Panca Sila", yang diucapkan didepan sidang umum PBB dengan judul "To Build The World A New", ternyata sekarang dibawah kekuasaan militer Jenderal Soeharto justru berlangsung kejadian2 yang kekejamanannya melebihi kekejaman Nazi Hitler dalam membasmi Jahudi.
Bagaimana tidak? Kalau di-tahun2 akhir 1965 sampai 1968, sungai2 di Jawa, Sumatra dan Bali menjadi penuh dengan mayat2 komunis dan simpatisan2, pembunuhan massal berlangsung terhadap rakyat tidak berdosa, tanpa lebih dahulu diadili dan jelas apa kesalahan2nya! Banyak adegan2 mengerikan yang membuat bulu kuduk berdiri mendengarnya, karena orang yang berfikiran normal pasti tidak akan mungkin berbuat demikian sadis, apalagi bagi orang2 beragama yang ber-Ketuhanan dan ber-Perikemanusiaan! Tapi kekejaman2 justru telah terjadi di negeri RI di mana penguasanya ketika itu sesumbar "memurnikan dan mengkonsekwenkan PancaSila dan UUD45" !
Manusia-manusia sadis berkerumun bersorak-sorai pesta "sate komunis", menusuk mayat2 komunis dengan bambu dari dubur menembus sampai ke-kerongkongan, kemudian membakarnya seperti "sate"! Dan tidak sedikit terjadi di-desa2, di mana seluruh keluarga yang dituduh komunis dibunuh habis termasuk anak2 dan bayi2 yang masih dalam pelukan dada ibunda. Kejam, kekejaman yang luar-biasa! Kantor berita ANTARA memberikan angka resmi pembunuhan massal itu 'hanya' 500.000 orang yang terbunuh, angka yang dikemukakan oleh Laksamana Sudomo dalam wawancara dengan wartawan Newsweek, Bernard Krisher, ditahun 1977. Tapi, hasil penelitian yang dilakukan oleh Amnesti Internasional memberikan taksiran lebih dari satu juta jiwa komunis dan simpatisan2 atau orang2 yang hanya terkait dan tidak tahu apa2 dibunuh! Bisa terjadi demikian banyaknya orang tak berdosa terbunuh, hanya karena adanya perintah penguasa ketika itu: "lebih baik salah membunuh 10 orang daripada meloloskan seorang komunis!", satu perintah biadab, perintah yang tidak lagi berdasarkan hukum! Dan cara2 hukum-rimba, militer-fasis demikian tetap bisa kita lihat dengan adanya perintah: "Tembak ditempat bagi perusuh" dalam menghadapi peristiwa 27 Juli 1996 baru2 ini!
Siapa yang harus bertanggung jawab akan kejadian2 pembunuhan massal yang demikian kejamnya itu? Jelas, bahwa segera setelah G30S dilancarkan dengan penahanan 6 jenderal, dan Presiden Soekarno untuk menentramkan situasi dan menghindari pertumpahan darah lebih lanjut, telah memerintahkan untuk menghentikan segala gerakan! Pihak perwira-muda dengan Sentral Komando yang dipimpin oleh Let.Kol.Untung, mentaati perintah Panglima Tertinggi Bung Karno, menghentikan segala gerakan; tapi sebaliknya pihak jenderal Soeharto (ketika itu sebagai panglima KOSTRAD berpangkat mayor Jenderal) justru melakukan offensifnya menggempur perwira2-muda, dan kemudian melanjutkan tindakannya dengan pengejaran, penahanan dan pembunuhan massal terhadap kaum progresif, kaum komunis dan simpatisan2nya! Jadi, jelas jenderal Soehartolah yang merupakan orang pertama yang paling bertanggungjawab akan kejadian2 setelah G30S! Oleh karenanya, jenderal Soeharto harus diajukan kedepan MAHKAMAH untuk mempertanggung jawabkan pembunuhan massal yang terjadi setelah G30S itu, dan tuntutan kedepan mahkamah ini tidak mengenal daluwarsa sekalipun sudah lewat 31 tahun! Mengapa di Indonesia yang berfilsafah "PANCASILA" dan berdasarkan HUKUM bisa terjadi tindakan2 kekejaman yang tidak berprikemanusiaan, dan lebih aneh lagi, orang yang bertanggung jawab akan kekejaman2 itu tetap bisa bebas dari tuntutan HUKUM, hidup mewah diatas singgasana kekuasaan yang dibangun diatas unggukan jutaan mayat kaum progresif, kaum komunis dan simpatisan2nya selama 31 tahun lebih?
Lebih celaka, dan lebih menyedihkan lagi, karena kenyataan singgasana kekuasaan jenderal Soeharto masih tetap harus disirami dengan darah dan tangisan air-mata rakyat banyak! Marilah kita lihat selama 31 tahun ini dibawah Orde Barunya Jenderal Soeharto disatu pihak bisa kita lihat bangunan2 pencakar-langit, mobil2 mewah berkeliaran dikota2 metropolitan Jakarta, dan lahirnya segelintir konglomerat2. Tapi dipihak lain kita juga harus bisa melihat adanya kenyataan2 yang tidak terbantahkan bahwa kebanyakan rakyat Indonesia tetap hidup dalam kemiskinan dan hidup dalam suasana ketakutan. Sebagian besar buruh masih mendapatkan upah dibawah UMR(Upah Minimum Regional), sebagian besar kaum tani didesa2 masih hidup dibawah garis hidup sebagai manusia normal.
Kitapun harus berani melihat kenyataan pahit ini, ketika jaman kekuasaan Presiden Soekarno, selama 20 tahun hutang luar negeri hanya 2,5 milyard US Dollar. Tapi dibawah kekuasaan jenderal Soeharto, sampai Juni 1981 hutang luar-negeri sudah mencapai 23 milyard US Dollar dan sampai paro pertama tahun 1996 ini sudah melonjak lebih dari 100 milyard US Dollar! Rakyat Indonesia telah dililit dan dicekik oleh hutang2 jenderal Soeharto yang begitu besar berlipat ganda. Sehingga prof. Sumitro memerlukan untuk memberi canang bahwa DSR (Debt Service Ratio) saat ini sudah dalam bahaya, sudah "lampu merah", karena kewajiban pembayaran cicilan hutang sudah mencapai 32%!(baca Kompas, 21 Juni 1996). Sungguh sangat menyedihkan melihat kenyataan ini!
Keadaan di Indonesia justru menjadi semakin parah dengan diperketatnya macam2 pengawasan terhadap kebebasan rakyat Indonesia, hilangnya demokrasi rakyat, dan dikekangnya kehidupan politik rakyat. Sedikit pendapat yang berbeda dengan pemerintah, sedikit kritik terhadap penguasa dinyatakan sebagai golongan oposisi yang tidak diperkenankan, yang harus ditindas, dan ditahan, ditangkap, dijebloskan dalam penjara. Dibawah ini sedikit rentetan contoh dari banyaknya kejadian2 yang sesungguhnya terjadi selama 31 tahun ini:
- Seorang dokter berpangkat Kapten bernama Sumerapi, sebagai perwira kesehatan di-penjara Salemba, karena secara jujur mengajukan keadaan pengobatan/kesehatan didalam penjara sebagaimana adanya seperti, kurangnya obat2an; adanya para tahanan terjangkit busung lapar bahkan terjadinya para tahanan mati-kelaparan pada Perwira Menengah Kodam V Jaya yang meninjau penjara Salemba, akhirnya harus menderita siksaan berat dan ditangkap dan tahun 1970 dituduh "G30S/PKI" dibuang ketempat pengasingan pulau Buru. Sungguh malang nasib seorang dokter yang berPrikemanusiaan dan jujur ini!
- Pada awal 1979 dilakukan penahanan terhadap Sutomo, bekas pimpinan Barisan Pemberontak Indonesia; Mahmud Junaedi, mantan pimpinan Redaksi harian N.U. "Duta Masyarakat"; dan Prof.dr. Mr. Ismail Suny, Rektor Universitas Muhamadiyah Jakarta dan ahli Hukum Konstitusi. Ke-tiga orang ini ditahan dengan tuduhan mendalangi demonstrasi mahasiswa Indonesia.
- Sukmaji Tjahjono, didepan sidang pengadilan negeri Bandung tanggal 22 Februari 1979 dengan tegas menyatakan: "jiwa Hitler dan Mussolini hidup kembali di Indonesia. Dan diantara Rakyat Indonesia sekarang terdapat ribuan penindas, pemeras dan diktatur-diktatur perseorangan." Ia mempertegas lagi, "bahwa tidak terasa beda cara kerja polisi-polisi rahasia kolonial dengan cara kerja polisi-polisi rahasia kekuasaan yang berkuasa sekarang ini!" Pernyataan yang diajukan oleh mahasiswa Sukmaji itu, yang sedang menghadapi tuntutan pengadilan negeri Bandung dengan tuduhan "menghina raja" (baca: majesty), berdasarkan ketentuan hukum pidana warisan kolonial dalam hubungan dengan Pen.Pres No.5/1959, merupakan penilaian yang cukup tegas.
- Hanya karena menjual buku sastra, buku2 karangan Pramoedya Ananta Toer, bekas tokoh LEKRA (Lembaga Kebudayaan Rakyat) orang bisa dituduh subversi dan harus meringkuk dalam penjara selama 7-8 tahunan. Demikianlah Bambang Isti diganjar 8 tahun oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta, pada tahun 1989 dan Bambang Subono diganjar 7 tahun, sedang Bonar Tigor Naipospos diganjar 8 tahun 6 bulan. Dan yang pasti,
mereka2 ini tetap merasa tak salah, karena yang mereka jual adalah buku2 sastra yang baik! - Dalam perjalanan Orde Baru ini kita masih ingat kasus pembajakan Woyla, kasus Tanjung-Priok, Komando Jihad, dsb, untuk menyingkirkan Kelompok Islam. Atau seperti baru-baru ini permainan kelompok Prabowo dalam penculikan Irian Jaya untuk menyingkirkan OPM. Semuanya dibarengi macam-macam tuduhan, untuk menindas aksi2 massa.
- Pada tahun 1990, Bambang Beathor Suryadi yang karena mengorganisasi demonstrasi menentang kenaikan tarif listrik diganjar 4 tahun 6 bulan penjara dengan tuduhan 'menghina Presiden'. Kemudian gelombang demonstrasi menentang Sumbangan Dana Sosial Berhadiah (SDSB) pada 1993 mengantar Nuku Sulaeman, bekas Ketua Harian PIJAR ke bui. Nuku divonis 4 tahun penjara -- di tingkat banding menjadi 5 tahun -- juga karena 'menghina Presiden'.
- Penduduk Medan, Sumatera Utara, tentu sulit melupakan peristiwa berdarah dan berbau rasial pada April 1994. Ketika itu ribuan buruh seantero Medan membakar mobil, melempari toko, bahkan mengeroyok seorang direktur perusahaan sampai tewas. Petugas keamanan menuduh SBSI berada di balik kerusuhan itu. Muchtar Pakpahan (Ketua Umum SBSI) ditangkap, diadili, divonis 4 tahun penjara, mengajukan kasasi, dan baru dibebaskan setelah sekitar 100 hari dikerangkeng. Dan kembali dijebloskan dalam tahanan lagi sehubungan dengan "Peristiwa 27 Juli 1996".
- Perlakuan kekerasan militer terhadap Perjuangan hak konstitusional atas legalitas Megawati sebagai ketua DPP-PDI serta penindasan atas pejuang pro demokrasi untuk mencapai Pemerintahan yang lebih demokratis, adalah bukti bahwa di Indonesia tidak ada lagi keadilan sosial dan hak asasi manusia.

Rabu, 02 Mei 2012

Abdul Gani Rajo Mangkuto dari Koto Gadang

 
Dalam rubrik ini edisi Minggu, 27 Maret 2011, kami menurunkan artikel berjudul “Haji Abdul Gani Rajo Mangkuto: Bos ‘Mafia’ Kotogadang”. Waktu itu kami menyajikan foto beliau di kala tua (setelah bergelar haji). Sekarang kami menurunkan foto beliau dari periode yang lebih awal, sekitar tahun 1870, ketika beliau masih berusia 53 tahun. Lihatlah tampangnya yang masih coga, dengan pakaian yang cukup unik, terutama jasnya yang mirip dengan pakaian vampire dalam film-film horror.
Seperti telah kami sebutkan dulu Abdul Gani (lahir di Koto Gadang, 1817, meninggal di Koto Gadang, 29 Januari 1907)–mengutip Rusli Amran (1986:201)–adalah seorang kingmaker yang tak ada duanya di Sumatra Barat selama paroh kedua abad ke-19. Ia mendapat pendidikan Belanda berkat bantuan Asisten Residen Steinmetz, karena ia jadi pembantu di rumah Steinmetz. Tahun 1856 Abdul Gani membantu Van Ophuijsen membuka sekolah guru yang baru didirikan di Fort de Kock, tempat ia mengajar sebentar tapi kemudian beralih ke dunia swasta. Dengan dekingan Steinmentz Abdul Gani berhasil jadi pakus (pakhuis) kopi. Tak lama kemudian Abdul Gani sudah jadi orang kaya dan disegani. Ia bersama saudaranya, Abdul Rahman Dt. Dinagari Urangkayo Basa, berhasil menempatkan banyak sanak familinya di sekolah-sekolah rakyat yang baru dibuka dan juga kursi-kursi empuk di jajaran administrasi lokal bentukan Belanda seperti kepala laras, pakus, penghulu kepala, jaksa, dan jurutulis.
Berkat naluri bisnisnya yang tajam dan karena berkonco pelangkin dengan para pejabat Belanda, Abdul Gani berhasil meluaskan usaha bisnisnya: ia memenangkan tender pengangkutan kopi di beberapa trayek. Ia menempatkan orang-orangnya di mana-mana untuk melancarkan usaha bisnisnya. Para pebisnis Indo, Cina dan Belanda sendiri gentar juga menghadapi bisnis Abdul Gani. Sumatra Courant edisi 18 Oktober 1876 pernah memuat laporan yang mengandung nada kekhawatiran para pengusaha swasta Belanda menghadapi sepak terjang bisnis Abdul Gani.
Di lapangan politik, waktu terjadi pemilihan Kepala Laras IV Koto, Abdul Gani berhasil menempatkan kemenakannya sendiri, St. Janaid, yang baru berumur 16 tahun, menjadi Kepala Laras IV Koto, mematahkan dominasi panjang keluarga Ismael Dt. Kajo, orang kaya dan sangat berkuasa di Koto Gadang. Akibatnya fatal: seluruh anggota keluarga Dt. Kayo dilengserkan oleh Belanda dan digantikan oleh anggota keluarga Abdul Gani. Mereka yang diberhentikan antara lain Jaksa St. Salim di Padang. Saudara Dt. Kayo itu digantikan oleh saudara Abdul Gani,  Abdul Rahman Dt. Dinagari. Seperti telah dicatat dalam sejarah (lihat Rusli Amran 1986:194-213) perebutan pengaruh antara keluarga Dt. Kayo dari golongan adat dan Abdul Gani dari golongan pebisnis berlangsung sangat kasar dan penuh intrik. Rupanya politik memang punya karakter seperti itu sejak zaman dahulu kala.
Suryadi–Leiden, Belanda. (Sumber foto: KITLV Leiden).
Singgalang, Minggu, 29 April 2012

Selasa, 01 Mei 2012

Kisruh Elit Golkar, Surya Paloh: Belajarlah dari Pengalaman Masa Lalu


Jakarta DPP Partai Golkar akan menggelar rapat pleno pada 27 April 2012 untuk membahas mekanisme pencapresan Rapimnasus. Suasana di tubuh Partai Golkar tidak menutup kemungkinan akan memanas, terkait siapakah calon presiden (capres) dari kader Golkar antara Aburizal Bakrie (Ical) dan Jusuf Kalla (JK) yang layak untuk memenangi Pilpres 2014.

Surya Paloh mantan kader dan pengurus Partai Golkar enggan menanggapi 'gonjang-ganjing' di tubuh partai berlambang pohon beringin itu.

"Aduh, soal Golkar. Ginilah tidak etis bagi saya, walaupun saya dibesarkan dan besar selama 44 tahun di Golkar maupun di partai, dari jabatan paling rendah sampai paling tinggi," ujar Surya Paloh kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di Pasar Atom Surabaya, Kamis (26/4/2012).

Paloh yang sekarang ini meloncat dan menjadi Ketua Majelis Nasional Partai (MNP) NasDem berharap, Golkar belajar dari pengalaman masa lalu.

"Itu adalah urusan kawan-kawan saya dan sahabat saya di Golkar. Harapan saya, belajar dari pengalaman yang telah banyak dimiliki oleh Golkar. Golkar bisa mengatasi masalahnya sendiri. Kalau saya kan tidak etis," jelasnya.


(roi/mpr)